Kuliner Khas Balangan

Kuliner Khas Balangan yang Bikin Kamu Merem Melek

Kuliner Khas Balangan yang Bikin Kamu Merem Melek – Balangan adalah salah satu kabupaten yang berlokasi di Provinsi Kalimantan Selatan atau tepatnya di sebelah timur Kota Banjarmasin. Balangan yang sentra pemerintahannya ada di Paringin ini termasuk kabupaten termuda hasil dari pemekaran kabupaten Hulu Sungai Utara pada tahun 2004. Jadi, jangan heran sekiranya zonanya tergolong masih sepi dan sarana serta prasarananya masih terbatas dinaspariwisatabalangan.com.

Kuliner Khas Balangan

Meski semacam itu Balangan mempunyai berbagai masakan khas bercita rasa lezat yang tentunya harus kau cicipi ketika berkunjung ke sana. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut ini.
Baca Juga : Kain Batik Sasirangan Khas Balangan
1. Kalangkala
Masakan khas Balangan yang pertama bahan dasarnya berasal dari buah kalangkala. Buah ini berbentuk bulat mirip alpukat dengan tekstur daging lebih lembut dan berwarna merah muda.
Masyarakat setempat umumnya memasak buah kalangkala menjadi sayur jernih dengan tidak lupa membubuhi sedikit garam dan cabai. Supaya cita rasanya kian lezat, sayur kalangkala bisa disantap bersama dengan nasi, ikan, dan saus pedas.
2. Kulat
Dalam bahasa Indonesia kulat berarti jamur. Kulat yang akan dimakan tentunya dipilih yang tak mengandung racun.
Berdasarkan masyarakat setempat kulat yang tak berbisa mempunyai ciri-ciri terdapat ulat, terdapat komponen kulat yang dimakan jamur, dan kulat dikerubungi hewan kecil yang mereka ucap bari-bari.
Umumnya kulat diolah menjadi tumis, gulai, sebagai campuran ikan, dan campuran sayur. Kecuali itu, kulat juga dapat dimanfaatkan sebagai obat.
3. Gangan asam
Gangan asam adalah sayur asam khas Balangan yang tentunya berbeda dengan sayur asam yang awam kau jumpai.
Gangan asam berwarna kuning sebab terbuat dari kunyit. Kecuali itu dalam progres pembuatannya gangan asam dikasih tambahan ikan haruan, ikan patin, atau ikan gabus. Cita rasanya asam, gurih, dan segar.
Gangan asam kian sedap ketika disantap bersama dengan nasi putih hangat.
4. Kalalapon
Kalalapon adalah camilan yang terbuat dari tepung ketan, air kapur sirih, pasta pandan, garam, gula merah, dan kelapa parut. Wujudnya bulat dan berwarna hijau dengan diselimuti kelapa yang telah diparut.
Cita rasa kalalapon manis dan amat gurih. Dikala menyantap camilan ini kau akan menikmati sensasi manis dari gula merah yang pecah di dalam mulut.
5. Sirop batumandi
Sirop batumandi atau yang diketahui juga dengan nama sirbam adalah minuman khas Balangan yang mempunyai cita rasa manis dan dijadikan tanpa memakai bahan pengawet serta pemanis buatan. Minuman yang sudah dilestarikan secara turun-temurun semenjak dahulu ini juga susah ditemukan di tempat lain.

Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *