Kain Batik Sasirangan

Kain Batik Sasirangan Khas Balangan

Kain Batik Sasirangan Khas Balangan – Pemerintah Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan, memprioritaskan pengembangan potensi kain batik khas Balangan agar kain tersebut lebih populer dan menjadi mata dagangan Kain Batik Sasirangan setempat. “Balangan memiliki kain batik yang berbeda dengan daerah lain di Kalsel sehingga sangat berpotensi untuk dikembangkan secara profesional,” ujarnya di Paringin, ibu kota Balangan dinaspariwisatabalangan.com.

Mengenal Kain Batik Sasirangan

Keberadaan kain batik khas Balangan itu diketahui dari hasil kegiatan Identifikasi itu sendiri dilakukan oleh pemerintah daerah setempat sebagai data awal untuk melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap pelaku UKM.
Saat ini, kain batik sudah banyak di produksi dan diperjual belikan. Pusat kerajinan kain batik , berada di Kabupaten Banjar. Ia menambahkan, dari hasil identifikasi yang telah dilakukan dapat di buat penggolongan jenis-jenis potensi ekonomi yang dapat dikembangkan.

Kain Batik Sasirangan Khas Balangan

Keberadaan kain batik khas Balangan itu diketahui dari hasil kegiatan identifikasi  kegiatan Usaha Keci dan Menengah (UKM) yang telah dilakukan sepanjang 2011 lalu. Identifikasi itu sendiri dilakukan oleh pemerintah daerah setempat sebagai data awal untuk melakukan pengembangan dan pembinaan terhadap pelaku UKM.
Baca Juga : Makanan Khas Paringin Kabupaten Balangan
Ia mengatakan, pengrajin kain batik khas Balangan teridentifikasi ada di Kecamatan Lampihong. “Saat dilakukan identifikasi, jumlahnya masih sangat sedikit baik dari segi hasil produk maupun pengrajinnya,” katanya.

Teknik Kain Batik

Selain itu, teknik pembuatannyapun masih sangat tradisional sehingga hasil produk masih sederhana dan tidak akan dapat bersaing dengan sasirangan produksi daerah lain di Kalsel. Sasirangan sendiri adalah kain batik khas dari Kalsel yang di buat dengan sistem celup dimana dulunya hanya dipakai oleh kaum bangsawan dari Kerajaan Banjar.
Saat ini, kain batik sudah banyak di produksi dan diperjual belikan melalui google. Pusat kerajinan kain batik , berada di Kabupaten Banjar. Ia menambahkan, dari hasil identifikasi yang telah dilakukan dapat di buat penggolongan jenis-jenis potensi ekonomi yang dapat dikembangkan.
“Penggolongan jenis potensi ekonomi penting untuk memudahkan upaya pembinaan dan pengembangan yang akan dilakukan,” tambahnya. Langkah awal yang dilakukan untuk mengembangkan potensi kain batik sasirangan khas Balangan adalah dengan mengenalkannya kepada masyarakat luas.
Kemudian kepada para pengrajin diberikan dorongan dan perubahan pola pikir agar tidak memandang pembuatan batik sasirangan hanya sebagai pengisi waktu luang tetapi memiliki potensi ekonomi yang besar.

Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *