Pegunungan Meratus

Pegunungan Meratus : Lokasi, Ragam Flora dan Fauna

Pegunungan Meratus adalah pegunungan yang berada di tenggara Kalimantan, tepatnya Provinsi Kalimantan Selatan. Pegunungan memrentang sepanjang 600 kilometer persegi ke arah Timur Laut-Barat Energi, yang membelah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi dua. Spot tertinggi Pegunungan ada di Gunung Halau-halau yang tingginya menempuh 1.901 meter di atas permukaan laut (Mdpl). Pegunungan telah ditentukan sebagai geopark nasional oleh pemerintah dengan nama Geopark Pegunungan Meratus dinaspariwisatabalangan.com.

Mengenali Pegunungan Meratus

Geopark yakni kawasan geografis tunggal yang menyatu, serta web geologi dan jangka alamnya dikelola secara holistik. Dengan status sebagai geopark nasional, karenanya Pegunungan dikelola dengan mengamati sebagian bagian seperti pengembangan masyarakat, pembangunan ekonomi, dan konservasi. Adapun Geopark Pegunungan ini secara geografis berada di antara 115°38’00″ sampai 115°52’00″ Bujur Timur dan 2°28’00″ sampai 20°54’00″ Lintang Selatan.
Zonanya meliputi 8 kabupaten di Kalimantan Selatan, merupakan Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Balangan, Hulu sungai Selatan. Adat Kultur Dayak Meratus Kemudian Kabupaten Tabalong, Tanah Bumbu, Tanah Laut, Banjar, sampai Kabupaten Tapin. Pegunungan tercatat sebagai hamparan ofiolit tertua di Indonesia. Menurut penelitian, hamparan ofiolit di Pegunungan telah ada semenjak Paleogen, merupakan peride waktu geologi yang berlangsung 42 juta tahun yang lalu. Ofiolit sendiri adalah penggalan kerak samudera dan lapisan mantel atas di bawahnya yang terangkat atau terpindahkan di komponen tepi kerak benua. Pegunungan mulai terangkat pada masa Miosen Akhir dan tepat sasaran mengatur Cekungan Barito di sebelah baratnya.

Flora dan Fauna Pegunungan

Pegunungan Meratus mempunyai keanekaragaman hayati yang terdiri dari flora dan fauna khas di dalamnya. Ada banyak macam fauna yang tinggal di Pegunungan dan dapat dijumpai siapa saja yang berkunjung ke sana. Salah satu fauna yang ada di sana berupa binatang mamalia, seperti Bekantan yang dikala ini menjadi maskot Kalimantan Selatan. Kecuali itu macam mamalia lain juga ada seperti monyet abu-abu, beruang madu, kijang pelaihari, rusa sambar, dan owa-owa.
Pengunjung juga mungkin dapat menemui sebagian macam kucing hutan, luwak atau tupai kecil dalam hutan-hutan di Geopark. Tidak cuma mamalia, Menaruh pelbagai macam kodok, biawak, kupu-kupu, ikan, burung dan ayam. Sementara dari segi flora, juga mempunyai pelbagai pohon seperti Meranti Putih, Meranti Merah, agathis, Kanari, Nyatoh, Medang, Duren, sampai perkebunan karet.

Destinasi Liburan

Pegunungan mempunyai banyak sekali destinasi liburan yang dapat dikunjungi. Tamasya-liburan di Pegungan Meratus terdiri dari pelbagai air terjun, air panas, perbukitan, danau, dan goa. Akan Diregistrasikan ke UNESCO Air terjun yang ada antara lain Air Terjun Bajuan, Air Terjun Barajang, Air Terjun Belawaian, Air Terjun Hanai, Air Terjun Haratai, sampai Air Terjun Manding Tangkaramin. Sementara air panas antara lain Air Panas Batu Bini, Air Panas Hantakan, dan Air Panas Tanuhi.
Perbukitan antara lain Bukit Batu Bini, Bukit Batu Laki, Bukit Kantawan, Bukit Kayangan, Bukit Sulingan, Bukit Langara, dan Bukit Pono. Adapun goa di pegunungan ini antara lain Goa Air Kukup, goa Baramban, Goa Batu Hapu, Goa Berangin, Goa Web Arkeologi, Goa Liang Udud, dan sebagainya. Untuk menuju ke lokasi-lokasi liburan hal yang demikian, pengunjung dapat memindai barcode domisili yang disediakan.

Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *