Goa Batu Hapu

Menikmati Keindahan Goa Batu Hapu, Binuang Kalimantan Selatan

Menikmati Keindahan Goa Batu Hapu, Binuang Kalimantan Selatan – Goa Batu Hapu sebagai salah satunya wisata alam di Kalimantan Selatan berbentuk goa karst yang dihias stalagtit dan stalagmit didalamnya, mempunyai mulut goa yang lumayan besar dan dua bibir goa yang tersambung dengan tangga beton. Goa Batu Hapu berada ada di tengah pegunungan, hingga udara sekelilingnya masih asri dan mempersejuk. Kalian yang ingin mengeksplore keindahan Goa ini, seharusnya telah bawa lampu senter atau headlamp, supaya pemandangan dalam goa makin terang kelihatan.

Saat masuk goa, Kalian siap disongsong dengan batu-batuan ciri khas goa yang unik dengan wujud yang cukup lancip. Dari mulut goa ini, terlihat kelihatan batu-batuan granit yang lain yang bersebaran dalam goa. Memiliki bentuk unik-unik. Ada yang berwujud seperti gumpalan besar yang terletak pada bagian dalam pojok goa, ada juga yang wujud batunya serupa dengan peralatan kapal, bila jadi perhatian lebih cermat terlihat seperti sisi dek kapal laut.

Sebetulnya keadaan dalam goa cukup gelap, tetapi saat matahari mulai meninggi, cahayanya juga dikit demi sedikit masuk menyinari bagian-bagian dalam goa. Tampaklah keindahan stalakmit dan stalagtit yang membuat beberapa pengunjung kagum pada Goa ini. Yah, pada sisi bagian yang lain, dari langit-langit goa yang berlubang terlihat sinar matahari masuk menerangi tempat goa. Spot ini selalu jadi beberapa pengunjung untuk tindakan berpose.

Selainnya keindahan pemandangan goa, narasi classic sebuah dogma Goa Batu Hapu jadi daya magnet wisatawan tiba ke teritori ini. Legenda ini menceritakan mengenai kehadiran Goa ini yang dari pecahan kapal punya seorang anak namanya Angui yang durhaka ke ibunya yang namanya Kudampa.

Baca Juga : Benteng Tundakan Kabupaten Balangan, Wisata Sejarah yang Bangunannya dari Batu Alam

Awalannya, Angui yang waktu itu berasa hidupnya penuh kekurangan meminta ijin ke ibunya untuk mengelana untuk mengubah nasib mereka. Akhirnya, Angui juga mencapai kesuksesan jadi orang yang kaya raya. Satu saat Angui kembali lagi ke daerah halamannya. Tetapi, sikap Angui tinggi hati dan tidak mengaku kehadiran ibunya. Sang ibu juga murka lalu menyumpah Angui. Sebentar sesudah sumpah terkata, hadirlah topan besar menghajar kapal Angui dan memporak porandakan didalamnya. Lantas, pecahan kapal beserta didalamnya itu beralih menjadi batu-batuan yang sekarang ini jadi Goa Batu Hapu.

Dari Kota Rantau jarak ke Goa Batu Hapu sekitaran 43 km, dalam pada itu dari Kota Banjarmasin memiliki jarak sekitaran 154 km. Goa ini berada di Dusun Batu Hapu Kecamatan Hatungun, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Lokasinya bersisihan dengan Pasar Binuang. Dari Pasar Binuang, Kalian harus memakai kendaraan karena lokasi ke goa memiliki jarak sekitaran 16 km. Tetapi, keadaan jalan ke arah object wisata ini lumayan bagus dengan dimanja oleh pemandangan pemandangan alam sekelilingnya yang menyenangkan, berbentuk alam perdesaan dan pegunungan.

Sesudah melalui pos pengamanan dan memarkir kendaraan, Kalian harus jalan kaki dengan naiki beberapa puluh anak tangga untuk sampai di pintu masuk goa. Goa ini ada di tengah bukit, sudah tentu alam sekelilingnya juga disanggupi pohon-pohonan hijau yang cocok menjadi latar foto. Yah, berdiri di atas batu-batuan dengan hijaunya pegunungan, membuat sebuah frame yang demikian cantik dan mengagumkan


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *