Kebun Raya Balangan Miliki Tanaman Hutan Langka

Kebun Raya Balangan Miliki Tanaman Hutan Langka

Kebun Raya Balangan Miliki Tanaman Hutan Langka – Kebun Raya Balangan, sekarang punyai beragam koleksi tanaman rimba yang sangat jarang yang dapat dilihat oleh semuanya orang.Berita baiknya, untuk menyaksikan beragam tanaman sangat jarang tidak perlu bertandang ke daerah rimba atau pegunungan di Balangan. Cukup ke Kebun Raya Balangan, dan pengunjung akan diperkenalkan dengan beragam tipe tanaman rimba di situ.

Berikut adalah info selengkapnya dari dinaspariwisatabalangan tentang kebun raya miliki tanaman hutan langka.

Berada di Komplek Garuda Maharam, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, dan ada di dekat perkotaan, Kebun Raya Balangan jadi salah satu tempat di mana Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan meningkatkan beragam tanaman sangat jarang.Beberapa petugas Kebun Raya Balangan tiap hari lakukan perawatan pada tanaman itu. Bahkan juga ada juga rumah bibit sebagai tempat pembibitan saat sebelum tanaman di tanam pada Kebun Raya.

Beragam tipe tanaman sangat jarang atau tanaman rimba dapat dijumpai di sini. Salah satunya pohon ulin, pohon meranti, gaharu, pasak bumi dan tipe tanaman yang lain. Tidak itu saja, tanaman buah-buahan sebagai konsumsi hewan primata juga ada.Perlu saat yang panjang untuk meningkatkan tempat itu. Tetapi faksi pengurus terus mengusahakan dan cari tanaman sangat jarang untuk ditanamkan pada lokasi.

Seperti perannya, Kebun Raya Balangan diperkembangkan untuk pelestarian, riset, pembelajaran, jasa lingkungan dan rekreasi. Tempat ini dibuka untuk warga umum.Kepala Sektor Tata Lingkungan Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Balangan, Sigit menjelaskan, pengendalian Kebun Raya Balangan diawali semenjak tahun 2018 kemarin. Sekarang ini, selainnya perawatan tanaman yang selalu dijaga, masih tetap dilakuka penanaman hasil dari eksploitasi tanaman rimba yang sudah dilakukan oleh team eksploitasi.

Luas tempat Kebun Raya Balangan capai delapan hektar. Tetapi tempat tersebut dipandang kurang, ingat luasan tempat Kebun Raya harusnya capai 45 hektar.Walau demikian, dengan tempat seadanya, faksi pengurus Kebun Raya telah membagikan zone tanaman. Minimal ada 10 zone yang ada, dimulai dari tematik ulin, zone taksonomi, pakan primata, dan beberapa obat.

Pada Kebun Raya Balangan ada camping ground dan tempat untuk gathering, hingga pengunjung dapat melangsungkan aktivitas di teritori Kebun Raya Balangan.


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *