Goa Berangin, Wisata Alam Kabupaten Balangan

Goa Berangin, Wisata Alam Kabupaten Balangan – Dari terlalu jauh, benar-benar gampang menyaksikan mulut Goa Berangin di Dusun Gunung Batu, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Perjalanan crew kami ke arah tempat wisata itu, memiliki jarak lebih kurang 35 km dari ibukota Kabupaten Balangan, yaitu Paringin.

Keadaan jalan ke Dusun Gunung Batu dapat disebutkan cukup baik dan nyaman dilalui. Kendaraan beroda 2 atau beroda 4, bisa jadi tiba ke arah tempat itu.

Goa Berangin sebagai nama yang diberi masyarakat dusun pada Goa itu. Masalahnya saat dalam Goa , akan berasa hembusan angin yang membuat dingin dan dingin.

Tidak pernah hembusan itu stop karena keadaan Goa yang banyak memiliki lubang. Ke arah mulut Goa yang disebut pintu khusus wisata alam itu, beberapa batu-batuan kelihatan jadi hiasan alami di depannya.

Goa Berangin di Dusun Gunung Batu sebagai Goa kapur. Tiap waktunya, stalaktit dan stalakmit Goa selalu semakin bertambah panjang. Bahkan juga saat ini, beberapa lajur Goa diprediksikan tidak dapat dilalui karena stalaktit dan stalakmit yang mungkin tutup pelintasan.

Baca Juga : Keindahan Air Terjun Manyandar Yang Ada Di Balangan

Pada gunung batu itu, kehadirannya jadi keindahan tertentu untuk dusun.Beberapa tahun kemarin, Goa di gunung batu sempat ramai dan banyak lawatan wisatawan wisata. Apa lagi saat Kabupaten Balangan masih bersatu dengan Kabupaten Hilir Sungai Utara.

Luas gunung batu sampai sekarang ini belum juga dijumpai, begitu juga tingginya. Menariknya, jika masuk Goa itu, akan ada jalan yang mengantar untuk ke arah pucuk Goa.

Tidak semua pengunjung akan pilih naik. Cuma mereka yang ingin tahu keindahan pucuk dan inginkan kesan penjelajahan Goa, ditegaskan akan coba dan ingin tahu apa yang dapat disaksikan dari ketinggian gunung batu.

“Di Goa Berangin ini ada kolam air yang tak pernah jadi kering. Jika masuk dan mencari Goa lebih jauh, karena itu mereka yang coba berpetualang dalam Goa akan dapat menyaksikan kolam itu,” sebut Sekdes Gunung Batu, Saifullah.

Tidak habis di sana, daya tarik sungai di tepi Goa tidak kalah cantik. Apa lagi, sumber airnya datang dari gunung batu tempat Goa Berangin ada.

Jembatan berwarna-warni mengantarkan pengunjung ke arah mulut Goa. Pada segi kanan kiri, akan kelihatan panorama alam, baik itu rimba alami, dan batu-batuan sebagai sisi dari Goa itu.

Adapula dibuatkan tempat santai disebelah Goa batu yang dapat dinaiki memakai tangga. Terletak juga ada di tepi sungai, hingga pengunjung dapat nikmati panorama sungai sekalian.

Saifullah bercerita, range tahun 2011 lalu, wisata Goa Berangin di Dusun Gunung Batu masih demikian ramai. Sampai ada kejadian yang membuat tempat wisata itu ditutup.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *