Pulau Birah-Birahan, Wisata Surga Bahari Tersembunyi di Kutai Timur – Kalimantan Timur spaceman pragmatic mempunyai bermacam tempat wisata yang memikat ditelusuri. Dimulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata pembelajaran dan ada banyak kembali bisa Anda datangi di sini. Propinsi yang diplot akan jadi calon ibu-kota negara Indonesia ini mempunyai salah satunya kekuatan wisata alam memikat yang berada di Kutai Timur, yakni Pulau Birah-Birahan. Agar semakin tahu, baca pembahasan di bawah ini.

Alamat dan Jalur Ke arah Pulau Birah-Birahan

Dalam jarak capai 300 km dari pusat ibukota Kalimantan Timur, membuat Anda memerlukan waktu pintas 7 sampai 8 jam perjalanan dengan memakai lajur darat. Pulau ini berada di Kabupaten Sandaran, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Karena Birah-Birahan belum terlampau dikenali oleh beberapa orang, karena itu saat Anda bertandang wajib melakukan perjalanan berdikari.

Akses ke arah pulau dengan beberapa pesona alam ini cukup susah karena ada banyak dilaksanakan pembaruan jalan secara periodik. Disamping itu bila Anda lakukan perjalanan dengan lajur darat karena itu harus stop saat sampai di Desa Manubar. Kemudian Anda bisa meneruskan perjalanan dengan lajur air sama waktu 2 sampai 3 jam memakai kapal atau perahu yang ada.

Saat untung, Anda akan bisa menyaksikan gerombolan lumba-lumba. Kapal perahu ini punya beberapa nelayan yang ada di sekitaran desa itu. Berada di Kecamatan Sandaran, Desa Manubar sebagai desa atau penghentian lajur darat paling akhir saat sebelum ke arah pulau ini. Sesudah lakukan perjalanan dengan kapal perahu selang beberapa saat Anda akan sampai pada arah.

Baca Juga : Rumah Pohon Cempaka Banjarbaru, Tempat Outbound yang Unik

Pesona Alam yang Dijajakan Pulau Birah-Birahan

Pertama kalinya memijakkan kaki ke arah tempat ini, karena itu panoramanya akan membuat Anda kagum. Pohon-pohonan yang teduh dengan bentangan laut biru akan membuat siapa yang bertandang berasa malas untuk wafatkannya. Sebagai salah satunya pulau yang tidak memiliki penghuni jadikan Pulau Birah-Birahan mempunyai keadaan alami karena belum memperoleh sentuhan pembangunan.

Tidak cukup sampai disana, pulau eksotik ini menyuguhkan pantai dengan pasir putih yang luas, air yang jernih dan pemandangan lingkungan sekelilingnya yang eksotik. Kehadiran langit ceria dan udara yang sejuk akan membuat Anda kerasan lama-lama disitu. Laut pulau ini simpan banyak terumbu karang yang cantik dan tentu saja berlainan dengan terumbu karang yang lain.

Anda bisa menikmatinya dengan lakukan snorkeling. Sama ini kemunculan bawah lautnya yang beri kesegaran mata akan kelihatan terlihat terang. Janganlah lupa Anda harus bawa perlengkapannya secara berdikari karena pada tempat yang ini belum sediakan penyewaan beberapa alat simpatisannya.

Pulau Birah-Birahan menjadi satu diantara komunitas asli Penyu Sisik, yang disebut binatang epidemik Kutai Timur. Diproteksi oleh pemerintahan, penyu ini akan selalu bertelur disekitaran teritori pulau. Disamping itu ada juga penyu hijau, biawak dan beragam tipe burung. Dengan begitu Anda tidak akan berasa jemu saat liburan di pulau yang ini.

Beberapa pantai yang ada di pulau ini jadi tempat bertelurnya Penyu Hijau dan Penyu Sisik, tentu saja mempunyai argumen tertentu. Ini karena keadaan pantainya yang bersih dan lautannya tidak terkontaminasi. Karena mempunyai status sebagai salah satunya binatang yang sangat jarang, oleh karena itu saat Anda bertandang akan dilarang untuk ambil telur penyu atau menghancurkannya.

Diplot sebagai daerah pelestarian, Birah-Birahan dikenali mempunyai terumbu karang dengan wujud dan pesona yang berlainan. Ini jadi kesempatan oleh beberapa pelaku yang tidak bertanggungjawab dengan memancing ikan memakai bom. Hingga terumbu karang banyak alami kerusakan dan jumlah ikan pasti menyusut.

Dengan keindahan alam yang dijajakannya, pulau ini menjadi opsi yang paling pas untuk Anda pencinta penjelajahan. Karena akses ke arah lokasi yang cukup susah bisa memacu adrenalin di pada diri. Disamping itu pulau Birah-Birahan bisa menjadi arah berlibur untuk Anda yang disebut pencinta photografi.

Background yang dihidangkan bisa membuat hasil photo Anda jadi instagramable dan modern. Tentu saja hasil photo ini bisa diupload pada account sosial media Anda. Selainnya memperoleh kesenangan secara individu, dengan demikian pesona pulau ini akan dikenali oleh orang sekeliling Anda atau bahkan juga lebih beberapa orang.

Daya magnet yang lain yang harus tahu ialah saat air laut sedang kering Anda akan bisa menyaksikan kemunculan sebuah pulau pasir atau gusung yang berada di tengah-tengah tengah pulau membuat pemandangan alamnya benar-benar memikat. Tidak ketinggal, pohon-pohonan teduh nya membuat skema yang tercipta secara unik hingga terlihat seperti gerombolan binatang.