Oleh Oleh Khas Balangan

Oleh Oleh Khas Balangan

Oleh Oleh Khas Balangan – Dalam Berwisata kurang afdol bila tidak cari oleh-olehan ciri khas wilayah yang didatangi. Oleh-olehan yang dibeli umumnya berwujud kulineran atau pernak-pernik. Oleh-olehan itu dibeli buat digunakan sendiri, digunakan sendiri, atau dipisah ke sanak keluarga.

Berikut ada referensi dari dinaspariwisatabalangan mengenai oleh – oleh khas balangan

Kulat

Kulat Atau dengan bahasa Indonesia maknanya Jamur adalah bahan olahan Makanan Ciri khas Paringin. Saat sebelum memproses kulat, lebih dulu harus pahami mana kulat yang dapat dikonsumsi dan mana kulat yang perlu dijauhi karena beracun.Untuk warga di tempat, rutinitas pilih dan memisah kulat yang bagus untuk dikonsumsi dan kulat beracun itu gampang saja. Mereka dapat mengetahui cuma menyaksikan keadaan kulat itu.

Kalalapon Paringin Balangan

Kalalapon adalah cemilan ciri khas Paringin. Kalalapon dibuat dari kombinasi tepung ketan, pasta pandan, air kapur sirih, garam, gula merah dan kelapa parut. Wujud dari kulineran ini bundar warna hijau dan diselimuti gerombolan kelapa yang di parut.

Sirup Batumandi

Sirbam sebagai minuman ciri khas dari Kecamatan Batumandi, Kabupaten Balangan yang mempunyai cita-rasa manis. Pembikinannya tidak memakai bahan pengawet dan pemanis bikinan.

Sirup yang dibuat warga Batumandi secara temurun itu susah diketemukan di wilayah lain di luar Balangan. Tidak semua sentral oleh-olehan di beberapa wilayah jual sirbam. Bapak Kamarullah sebagai aktor UMKM sirbam jual sirupnya sendiri di muka rumah.

Gangan Asam

Sayur asam yang berada di wilayah ini tentu saja berlainan dengan sayur asam yang umumnya Anda jumpai. Gangan asam di sini berwarna kuning karena dibuat dari kunyit. Sementara rasanya asam, fresh dan renyah.Dalam pemrosesannya gangan asam dikasih tambahan ikan haruan atau ikan gabus, bahkan juga ada saatnya memakai ikan patin. Gangan asam terenak bila dimakan bersama nasi putih hangat.

Sirup Batumandi

Referensi kulineran ciri khas Balangan selanjutnya yang sayang buat kamu terlewat ialah sirup batu mandi. Pernah dengar panggilan sirup yang ini? Sirup batumandi biasa dengan Sirbam atau SBB. Sirup yang ini dibikin tanpa memakai pengawet dan pemanis bikinan.

Sirup ini dikenali benar-benar unik dan benar-benar susah ditemui di wilayah selainnya Balangan. Sirup ini dibuat secara temurun dan ada banyak dicari sampai sekarang ini. Sirup batu mandi bukan hanya terkenal di kelompok masyarakat lokal saja tapi juga sering diputuskan pelancong sebagai oleh-olehan untuk dibawa pulang.

Tidak seluruhnya toko oleh-olehan di Balangan jual sirup ini. Sirup batu mandi biasa dipasarkan pada harga Rp 18.000,- untuk ukuran kecil, Rp 19.000,- untuk ukuran sedang, dan Rp 20.000,- untuk ukuran besar. Sering sirup ini ditampilkan pada acara regional atau nasional sebagai minuman unik ciri khas Balangan. Sangat bagus kan?


Posted

in

by

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *