Visi dan Misi Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan

Sesuai tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan mempunyai rencana strategik yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 5 (lima) tahun, yaitu untuk tahun 2016 – 2021 dengan memperhatikan potensi, peluang, kelemahan dan kendala yang ada atau mungkin timbul. Rencana strategik mencakup Visi dan Misi, Tujuan, Sasaran serta pencapaian tujuan sasaran yang akan diuraikan dalam bab ini.

  • Pernyataan Visi

Visi merupakan cara pandang jauh kedepan tentang kemana Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan akan diarahkan dan apa yang akan dicapai. Visi Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan adalah :

”Meningkatnya Kunjungan Wisata”.

  • Peningkatan Jumlah Kunjungan Wisata sangat berperan penting dalam meningkatkan PAD masyarakat sekitar potensi objek wisata,dan hal ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar potensi objek wisata.
  • Pernyataan Misi

Misi merupakan kesepakatan komitmen bersama seluruh pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan untuk melaksanakan suatu kegiatan agar tujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil sesuai dengan Visi yang ditetapkan. Dengan adanya Misi diharapkan seluruh pegawai dan pihak lain yang berkepentingan dapat mengetahui peran dan program – program serta hasil yang akan dicapai dimasa yang akan datang.

Proses perumusan Misi organisasi memperhatikan masukan dari pihak yang berkepentingan (stakeholder) dan memberikan peluang untuk perubahan – perubahan sesuai dengan tuntutan lingkungan. Adapun Misi dari Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan adalah sebagai berikut :

  1. Meningkatkan Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata
  2. Meningkatkan Pengembangan Kapasitas dan Pemasaran Pariwisata

Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Balangan

Dalam visi Bupati dan Wakil Bupati Balangan terpilih periode lima tahun kedepan disebutkan bahwa, visi dari Bupati adalah Terwujudnya Kabupaten Balangan yang Maju dan Sejahtera Melalui Pembangunan Sumberdaya Manusia”. Visi ini dijabarkan ke dalam 7 (tujuh) Misi yaitu :

  1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pembangunan pendidikan dan kesehatan.
  2. Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan.
  3. Mewujudkan pembangunan infrastruktur yang berkesinambungan.
  4. Mewujudkan pemanfaatan sumberdaya alam (potensi daerah) berdasarkan kearifan lokal.
  5. Mengembangkan sosial budaya kemasyarakatan.
  6. Optimalisasi pemberdayaan aparatur pemerintah daerah.
  7. Mewujudkan KAMTIBMAS dan kepastian hukum untuk terciptanya suasana yang kondusif.

Berdasarkan visi dan misi tersebut dapat dilihat bahwa misi ke-4 berkaitan langsung dengan tupoksi Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, yakni “Mewujudkan Pemanfaatan Sumber Daya Alam (Potensi Daerah) Berdasarkan Kearifan Lokal. Adapun tujuan dari misi tersebut adalah meningkatnya pemanfaatan sumberdaya alam untuk kesejahteraan masyarakat yang berwawasan lingkungan, dengan sasaran pemanfaatan SDA guna peningkatan PAD serta terwujudnya tujuan wisata Balangan dan kebijakan yang diambil antara lain mewujudkan Potensi Wisata Kabupaten Balangan sebagai Objek / Tujuan Wisata Balangan yang mempunyai fasilitas dan infrastruktur pendukung.