Berita

Kesegaran dan Ketenangan yang Tak Terhingga di Pemandian, Watu Badinding.

Sumber : https://www.kompasiana.com/muhammad18076/60423cde8ede4841a2502ce2/bak-surga-tersembunyi-di-pedalaman-kalimantan-explore-destinasi-wisata-di-kecamatan-halong-pesona-balangan

Watu Badinding adalah satu daya tarik wisata yang termasuk dalam jenis wisata alam yang juga minat khusus. Cocok banget bagi yang suka jalan-jalan ke alam, apalagi alamya yang masih sangat terjaga kealamiannya, dengan hal itu akan menghasilkan background yang sangat indah untuk foto atau konten di youtube maupun tiktok .

Watu Badinding berlokasi di Desa Liyu, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan. Sebagaimana namanya, Tempat ini dihiasi bebatuan alam yang menyisiri sungai. Setiap sisi sungai, terdapat dinding bebatuan. Tingginya dinding batunya pun beragam. Karena didominasi bebatuan, pihak pengelola pun menyarankan agar wisatawan selalu menggunakan alas kaki saat berjalan di area bebatuan tersebut.

Berjarak kurang lebih 4 kilometer dari permukiman warga di Desa Liyu, Pemandian Watu Badinding kini tidak lagi asing. Bahkan daya tarik wisata ini sering dikunjungi warga sekitar maupun wisatawan dari luar kota.

Saat berkunjung ke tempat ini, Anda bisa menikmati pemandangan Hutan Liyu yang khas. Lokasinya pun mudah ditempuh lewat akses Jalan Usaha Tani (JUT) yang bisa dilintasi secara nyaman.

Tidak lupa juga kalian wajib lebih untuk mandi – mandi melepas penat jika bosan di rumah maupun kegiatan yang sangat melelahkan. Terlebih airnya yang menyegarkan dan suasana hutan pegunungan yang asri nan menyatu.

Dibutuhkan pula kemampuan berkendara yang mumpuni untuk ke tempat ini. Tentunya didukung keberanian pengendara di area pegunungan. Tapi, jangan salah kira tempat ini juga sudah termasuk yang mudah ditempuh.

Namun tentunya jangan lupa juga untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19. Ketua Pokdarwis Desa Liyu Megi menegaskan, pengunjung yang datang diharapkan mentaati peraturan.

Apalagi di masa pandemi Covid 19 saat ini yang mewajibkan penggunaan masker ketika berkunjung dan selalu taat dengan peraturan protokol kesehatan.

disparbalangan

๑ Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Balangan, Provinsi Kalimantan Selatan atau disingkat Dispar, memiliki tugas untuk melaksanakan urusan pemerintahan Kabupaten Balangan dalam bidang Pariwisata berdasarkan asas otonomi daerahnya.
๑ Fungsinya untuk merumuskan kebijakan Bidang Pariwisata, Kesenian dan Tradisi, Destinasi Wisata, Pembinaan dan Pembimbingan pada pelaku Pariwisata di wilayah kerjanya, koordinator UPTD, hingga pelaporan dan koordinasi urusan Pariwisata.
๑ Dispar berwenang untuk mengeluarkan izin-izin bidang pariwisata meliputi Izin Usaha Pariwisata untuk Travel Agent, Hotel, Rumah Makan/Minum dan lainnya, mengurus Izin Tetap Usaha Pariwisata (ITUP), Tanda Daftar Usaha Pariwisata atau TDUP meliputi surat Tanda Daftar Usaha Jasa Perjalanan Wisata, Tanda Daftar Usaha Penyedia Akomodasi, Tanda daftar Usaha Kawasan Pariwisata, dan lainnya.

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *